From This Moment On

Daisypath Anniversary tickers

Sunday, July 1, 2012

Movie Review: Julie and Julia


Mengenang penulis dan sutradara komedi romantis Hollywood, Nora Ephron, yang meninggal pada tanggal 26 Juni 2012 yang lalu di usianya yang ke-71 karena penyakit Leukimia, saya pengen mereview salah satu film romcom favorit saya yang ditulis dan disutradari oleh Ephron, Julie and Julia. Karir Ephron di Hollywood sebagai penulis dan sutradara menghasilkan karya-karya legendaris seperti When Harry Met Sally, Sleepless in Seattle, You've Got Mail, dan Julie and Julia, yang akan selalu diingat dan digemari oleh penggemar film sampai kapan pun.

Julie and Julia dibintangi oleh Meryl Streep, Amy Adams, Stanley Tucci, dan Chris Messina. Dalam satu film terdapat dua kisah hidup Julia Child (Streep) di tahun 50-an dan Julie (Adams) di tahun 2002. Based on true story, film ini bercerita tentang bagaimana buku resep masakan Perancis hasil karya Julia Child, Mastering the Art of French Cooking menginspirasi hidup Julie Powell.

Julia Child seorang wanita Amerika yang mengikuti suaminya yang bijak, Paul (Stanley Tucci), seorang diplomat yang dipindahkan ke kedutaan Amerika di Paris, Prancis. Julia kemudian berusaha mengisi waktu luangnya dengan belajar memasak makanan Perancis di sebuah cooking academy terkenal Le Cordon Bleu. Pada awalnya kemampuan Julia sempat diremehkan. Apalagi Le Cordon Bleu muridnya kebanyakan pria dan bertujuan mencetak chef dengan kualitas tinggi. Tapi berkat usaha dan kerja keras, Julia berhasil lulus dan mendapatkan pengakuan dari Le Cordon Bleu. Kemudian Julia bersama beberapa sahabatnya mencoba mengumpulkan resep-resep masakan Perancis dan berusaha menerbitkannya. Ketika akhirnya Julia berhasil menerbitkan bukunya, hingga saat ini buku itu menjadi semacam panduan bagi perempuan Amerika untuk bisa memasak masakan Perancis dengan mudah di rumah sendiri.


Julie Powell yang bekerja di sebuah kantor pemerintah yang menangani aduan korban Tragedi 9/11 mulai merasa jenuh dengan rutinitasnya. Hidupnya mulai terasa hampa. Ia juga kehilangan passion pada dunia tulis-menulis yang dulu sempat ditekuninya. Hingga akhirnya ia men-challenge dirinya sendiri untuk mencoba ratusan resep masakan Prancis dalam buku Julia Child dalam waktu satu tahun dan mendokumentasikannya dalam sebuah blog yang diberinya nama The Julie/Julia Project. Dalam usahanya itu, ia mendapatkan dukungan penuh dari suaminya yang baik hati, Eric (Chris Messina). Dalam kegiatan memasaknya, Julie menemui banyak tantangan, kesulitan, tapi juga kesenangan dan kepuasan kala resep yang dicobanya berhasil. Blognya pun lama kelamaan mendapat banyak hits dan ia mulai terkenal sebagai blogger dan mendapat banyak perhatian dari media, dan akhirnya juga menerbitkan buku tentang kisah The Julie/Julia Project.


Dibintangi oleh nama besar seperti Meryl Streep dan Amy Adams, tak usah lagi meragukan kualitas film ini. Streep dengan brilian memerankan Julia Child yang ikonik, kekanakan, namun bersemangat dalam menjalani kehidupannya. Amy Adams pun sangat lovable (yesss!! ngefans banget sama dese sejak Enchanted) sebagai Julie Powell yang merasa putus asa namun berusaha menyalakan gairah hidupnya lagi dengan memasak dan menulis.

Film ini berhasil mendapat rating yang bagus dari kritikus dan mendapat banyak nominasi dan penghargaan mulai Golden Globe sampai Oscar. Terutama untuk penampilan Meryl Streep sebagai Julia Child yang lewat film ini lagi-lagi menggondol Golden Globe Awards tahun 2010 sebagai Best Performance by an Actress in a Motion Picture - Comedy or Musical. Yang unik dalam film ini kisah Julie dan Julia yang terpisah, sehingga tidak ada scene yang mempertemukan Meryl Streep dan Amy Adams secara langsung. Julie and Julia merupakan film terakhir yang ditulis dan disutradai langsung oleh Nora Ephron. Sebuah kisah yang manis dan menghangatkan hati. Dan penuh makanan enaakk..!! Bon App├ętit!!! :)


-anna-

2 comments:

nugrosinema said...

ga nyangka juga Nora uda ga ada, padahal orangnya aslinya juga ucu and ceria

btw, ane pribadi lebih suka cerita Julia..yg Julie Powell kayanya kurnag tergali bgt, jdi bkal lebih oke klo cerita JUlia berdiri sendiri

Afriana Kartikasari said...

iya, mangkanya saya nulis reviewnya untuk mengenang Ms Ephron :)

sepertinya filmnya sendiri memang lebih banyak fokus ke Julia. Pemeran utamanya kan Merryl Streep, Amy Adams dpt porsi sebagai supporting actress.. :D

Senang sudah dikunjungi. Terima kasih :))