From This Moment On

Daisypath Anniversary tickers

Friday, July 20, 2012

Memilih Souvenir Pernikahan


Souvenir pernikahan adalah hal yang penting dan tidak boleh ketinggalan dalam suatu acara resepsi pernikahan. Memilih souvenir yang sesuai dengan keinginan hati dan cocok dengan budget itu gampang-gampang susah. Banyak hal yang musti dipertimbangkan dalam pemilihan souvenir pernikahan. Apalagi sekarang ini banyak macam ragam jenis souvenir yang siap kita pilih. Jangan sampai setelah diterima oleh tamu, souvenir kita hanya digeletakkan di rumah atau dibuang karena tidak bermanfaat. Saya mau sharing tips pilah-pilih souvenir pernikahan yang dirangkum dari berbagai sumber. OKe, this is it!!

1. Pilih souvenir yang berdaya guna dan bermanfaat bagi tamu/penerima.
2. Sesuaikan dengan budget. Souvenir yang bagus dan bermanfaat tidak harus yang mahal. Ingat! Souvenir bukanlah satu-satunya anggaran yang harus anda keluarkan untuk acara pernikahan anda.
3. Boleh pilih souvenir yang unik, tidak pasaran, dan sesuai dengan tema pernikahan, sehingga tamu akan lebih terkesan.
4. Perhatikan ukuran dan packaging. Jangan sampai membuat repot tamu dalam membawanya. Apabila ukuran souvenir cukup besar, sebaiknya anda memakai kemasan tambahan atau mengakali dengan pemberian souvenir menjelang tamu pulang.
5. Luangkan waktu untuk mencari souvenir berkualitas. Sekarang ini banyak vendor-vendor souvenir dan toko online souvenir. Bandingkan harga, kualitas, dan layanan sebelum memutuskan membeli.
6. Jangan lupa tambahkan nama atau tempat tanggal pernikahan agar souvenir selalu dikenang.
7. Diskusikan dengan pasangan dan keluarga. Jangan sampai terlibat konfilik gara-gara ketidaksepakatan dalam pemilihan souvenir.


Pemilihan souvenir pernikahan adalah salah satu hal yang bikin saya cukup mumet. Dari awal saya sudah pingin souvenir yang unik, khas, dan bermanfaat. Dari dulu pingin kasih souvenir pernikahan bros/aksesoris karena saya sukaa banget pake aksesoris (bros). Pinginnya saya kasih bros-bros batu khas Martapura. Selain cantik juga bermanfaat. Dan kira-kira harganya juga terjangkau. Dan Bapak-Ibu saya juga mendukung.

Waktu itu saya belum sempat survey ke Pertokoan Cahaya Bumi Selamat (CBS) - pusat aksesoris dan batu-batuan di Martapura. Kemudian saya browsing-browsing di Internet. Dan dimulailah kegalauan saya. Banyak website dan toko online yang menjual souvenir pernikahan (baru tahu). Beraneka macam jenis souvenir lengkap dengan foto dan harga dipajang di banyak toko online souvenir. Kipas-kipas aneka bentuk, gantungan kunci beragam jenis, towel cake warna-warni, tempat tissue aneka rupa, frame foto, dompet batik, bathsoap lucu, gelas-gelas bermacam model, aksesoris-aksesoris cantik. (@_@) Waaawww.... *tuingtuing.

Sempat juga baca-baca di blog-blog wedding prep souvenir yang murah itu pusatnya di Jakarta, di daerah Cipinang. Temen kantor saya, Lusy, pas nikahan April kemarin pun beli suvenirnya di pasar Jatinegara. Dibelikan oleh saudaranya, souvenirnya berupa kipas Spanyol lengkap dengan packaging cuma Rp.3500/pc. Tapiii.. kalau musti beli di Jakarta rasanya enggak sempat. Biaya lagi. Mau minta tolong saudara yang di Jakarta juga enggak enak ngerepotin.

Kemudian sempat kepikiran souvenir photo holder (see picture) yang menurut saya unik, bermanfaat, dan masih jarang ada. Adek saya ada temen kuliah yang keluarganya punya bisnis souvenir dan buka toko di PGS Surabaya. Pas ditanyakan harganya Rp 8.500/pc lengkap dengan packaging. Hmmm... kalo dikali 500 pcs aja sudah Rp 4.250.000,-. Kalo misalnya beli yang harganya Rp 4.000/pc sudah dapat 1.000 biji tuuhh... (-__-"). Kemahalen! Kemudian Ibuk menyatakan ketidaksetujuannya atas alternatif pilihan saya. Bapak pun menyuruh saya segera ke Martapura. Jarak Banjarmasin-Martapura sekitar 45 km dengan waktu tempuh 1,5 jam. Belum ada waktu luang ke Martapura dan bingung sama siapa gak ada temen. *garukgarukkepala (*_*)a Lalu sampai terbawa mimpi. Huihihii... :P Di mimpi itu, saya pergi ke pasar Martapura tapi bingung karena lay out pasar berubah dan toko langganan menghilang. Aduuuhh... bangun-bangun saya gelisah banget dan memutuskan weekend itu harus pergi ke Martapura untuk survey harga aksesoris batu-batu..........  (to be continued)

-anna-

No comments: