From This Moment On

Daisypath Anniversary tickers

Saturday, May 12, 2012

Persiapan Pertunanganku


Lamaran/pertunangan/khitbah/ikatan/tembungan apapun namanya, sebutannya, istilahnya. Ada yang bilang kalau hari lamaran itu lebih mendebarkan dan lebih punya momentum. Seorang sahabat saya bercerita di hari lamaran ia jauh lebih deg-degan daripada hari akad nikahnya. Menurutnya karena lamaran itulah awal, segala persiapan pernikahan mulai dilakukan. Dan sejak lamaran dilaksanakan, ia secara resmi terikat dengan seorang pria yang akan disebutnya calon suami. Karena di hari pertunangan itulah kedua keluarga bersilaturrahim dan  bertemu untuk pertama kalinya. Oh, rasanya memang mungkin akan jadi aneh dan campur aduk yaa.. :p



Acara kami nanti akan sederhana saja. Hanya sebatas acara keluarga, silaturrahim, perkenalan, ramah tamah, dan pasang cincin sebagai tanda pengikat. Jauh-jauh hari Ibunya Mas sudah bilang jika seserahan dan peningset akan diserahkan saat jelang akad nikah nanti. Saya pernah baca di internet, ada acara lamaran yang sekaligus dengan membawa seserahan, ada pula yang tidak, cukup pasang cincin/tanda pengikat dan perkenalan keluarga saja. Macam-macam pokoknya, semua tergantung kesepakatan dengan kedua belah pihak keluarga.

Dan karena itu, saya juga tidak banyak mempersiapkan macam-macam. Ehmm. Tiket pulang pergi Banjarmasin-Surabaya (paling penting ini! Gimana bisa acara mau berlangsung kalau saya enggak pulang kampung! Hehehe..), Cincin, dan Gaun yang akan saya kenakan di hari istimewa itu nanti. *blushing* Oke, mari cek persiapan kecil-kecilan saya
.
Tiket
Tiket pesawat Citilink Banjarmasin-Surabaya pp sudah saya beli sejak bulan Maret. Alhamdulillah dapat harga batas bawah pp Rp 511.000,00. #OkeSip ;)

Cincin
Mas akan memberikan saya sebuah cincin sebagai tanda pengikat yang akan dipasangkan pada saat lamaran di jari manis tangan kiri saya. Cincin tunangan itu juga sekaligus sebagai cincin kawin, yang artinya setelah akad nikah nanti akan pindah ke jari manis tangan kanan. Untuk cincin ini kami hanya akan pesan satu, karena Mas tidak mau pakai cincin. Saya sih enggak masalah dan enggak keberatan, toh cincin itu kan hanya simbol dan tanda cinta, lagipula dalam aturannya, laki-laki tidak boleh pakai perhiasan emas. Jadi kalau dari awal pasangan memang enggan memakai cincin, ya nggak usah beli sepasang, daripada akhirnya tidak dipakai. Mending dananya dialokasikan untuk yang lain, ya kaann… ;) #OkeSip

desain pilihanku. :) bisa dilihat di tokocincinkawin.com
Saya mulai iseng browsing-browsing model 2 atau 3 bulan yang lalu. Di internet banyak sekali model-model cincin cantik. Tinggal masukkan kata kunci wedding ring/cincin kawin, ribuan gambar cincin siap bikin kita bingung sekaligus excited melihatnya. Lalu setelah menemukan beberapa model yang sesuai selera, saya diskusi dengan Mas untuk menentukan pilihan model. Karena LDR, cukup lewat bbm dan email.

Karena saya di Banjarmasin, maka saya akan pesan cincin di Banjar saja. Setelah tanya sana-sini dan cari referensi, saya kemudian jalan ke Pasar Sudimampir Banjarmasin dan keluar masuk toko emas sampai ketemu yang harganya cocok dan bisa mengerjakan sesuai pesanan. Emas putih, 75%, berat 4,38 gram, ukuran 9,5, waktu pengerjaan dua minggu. Hasil akhirnya cantik dan sederhana. :) Simple, sweet, and shiny. Just like me. Hahahaahh #opowae

Gaun
gamis batik
Gamis batik warna merah-kuning. Seragam dengan mas. Hehehehe… :P Kainnya dibelikan di Mirota waktu Mas pergi Jogja sekitar bulan Maret. Saya cari-cari model yang cantik dari internet, dan menjahitkan di penjahit langganan di Banjarmasin. Bentuk kerah kimono, kombinasi satin merah marun, dengan hiasan korsase dan taburan payet. Cantik deh… Dan nanti kami akan tampil seragam. Hihihii.. aneh yaa.. Walaupun dia menganggap ide baju sarimbit itu konyol, tapi Mas mau gak mau nurut juga. :p Komentar Mas waktu mencoba kemeja batiknya yang sudah selesai dijahit. “Kayak Pak RT..” LOL

Untuk jamuan dan acara, urusan bapak dan ibu di rumah. Sebagai anak tinggal manut dan ngikutin aja bagaimana baiknya. Enggak terasa tinggal beberapa hari lagi. Deg-degannya mulai terasa. Mudah-mudahan acara nantinya berjalan dengan baik, akrab, dan khidmat. Bismillah.. berikanlah kelancaran dan keberkahan Ya Allah… #wishful

No comments: