From This Moment On

Daisypath Anniversary tickers

Wednesday, August 1, 2012

Kompromi Hiburan Pernikahan


Bagi penganut aliran romantisme seperti saya, pernikahan dan segala pernak-perniknya adalah adalah hal yang romantis. manis. dramatis. puitis. melankolis. Pernikahan itu adalah awal dari gerbang kehidupan baru, kisah cinta sejati dan penerimaan tulus yang tiada akhir. Kebahagiaan sampai akhir hayat.. *lovestruck *kebanyakan baca dongeng *overdosis filem drama

Saya sering tampil nyumbang nyanyi di acara kantor atau kawinan. Hal ini diturunkan dari bapak saya yang hobi banget tampil nge-mc acara dan nyanyi lagu langgam campursari dan keroncong di depan umum. Untung suara enggak kalah jauh sama Rossa. *kepedean. Menilik dari pengalaman sumbangsih suara itulah maka saya niat untuk bikin request daftar lagu-lagu pernikahan. Seringkali saat udah mendekat ke arah keyboardis ujung-ujungnya adalah bingung pilih lagu atau keyboardisnya yang bingung karena gak tahu lagu yang pingin kita nyanyiin.

Menurut saya, wedding song's list itu penting banget buat guide entertainer supaya menyajikan hiburan musik dan lagu sesuai acara dan juga keinginan kita. Beberapa lagu mungkin punya historis dengan kisah cinta pasangan pengantin sehingga ketika dinyanyikan pasti sangat mengharukan. Kebanyakan keyboardis/band/penyanyi suka sembarangan nyanyi. Asal nyanyi aja tanpa memperhatikan lagu itu tentang apa. Ambil contoh, orang-orang yang enggak ngerti asal aja nyanyi lagu dangdut Kandas, Malam Terakhir, atau lagu Madu Tiga, atau Saat Terakhir. Apa-apaaaaann. Baru juga melangkah di mahligai pernikahan udah kandas aja lagunya. Belum juga malam pertama lagunya malah malam terakhir *eh. Ini suasana pernikahan lhooo mosok nyanyi lagunya ST-12 yang berkisah tentang perpisahan dan kematian. (X_x)

Mengenai acara hiburan ini saya punya kompromi sama Bapak. Bapak saya yang ketua RW di kampung punya puluhan pasukan anak muda yang hobi dangdutan. Terus demi mengisi waktu luang di masa pensiun, beliau gabung dengan kelompok keroncong dan rutin tampil di radio lokal, mengisi acara di kabupaten atau kawinan. Pernikahan salah satu sepupu pernah memakai hiburan grup keroncong tersebut di acara resepsi. Awalnya bapak saya juga maunya begitu. Dan saya tolak mentah-mentah. Opini saya, langgam dan keroncong kesannya tua banget (emang gitu sih), agak boring, dan tidak semua orang bisa/suka lagu keroncong. Tamunya kan enggak cuma orang-orang tua aja kan yaa..


Akhirnya terciptalah kompromi di antara kami. Hiburan grup keroncong akan tampil pada Jumat siang setelah akad nikah. Malamnya demi menghibur para sinoman yang akan dikerahkan untuk bahu membahu membantu persiapan dan dekorasi acara maka akan tampil organ tunggal dengan lagu yang kebanyakan lagu dangdut, yang main adalah tetangga saya. Dan pada saat acara resepsi barulah saya minta hiburan electone yang bisa semua lagu. Pop, keroncong, langgam, dangdut, kontemporer, tembang kenangan, lagu barat, lagu Indonesia. Karena saya pengen bikin sebuah daftar lagu-lagu pernikahan yang isinya kebanyakan lagu-lagu pop dan lagu barat. Tapi masalahnya enggak banyak pilihan jasa entertainer di kota saya ini.

Apa sih yang bisa kamu harapkan dari kota kecil di kaki gunung yang sepi adem ayem tentrem ini?? Akustik band yang modern? Wedding singer yang piawai nyanyi lagu-lagu masa kini? Hoooaahmmm...
Saat saya menemui Pak Toni -seorang pemain electone yang termasuk paling beken di Magetan-, untuk memesan jasa beliau sebagai entertainer di acara resepsi, dan mengungkapkan request saya dengan daftar lagu-lagu cinta, Pak Toni mengatakan di Magetan susah mencari penyanyi yang pintar nyanyi lagu-lagu Barat. Seorang penyanyi lokal senior, mbak Ima, disebutnya yang paling oke. Mbak Ima ini sudah jarang tampil, tapi syukurnya kami masih ada hubungan keluarga, jadi itu tugas Bapak saya untuk melobi mbak Ima. Penyanyinya saya minta pria dan wanita supaya bisa duet.

Saya pesan jasa entertainer ini setelah acara lamaran bulan Mei lalu karena takut kalo enggak segera dibooking entar penuh bingung carinya. Selera lokal dan sesuai budget. Karena kalau sewa jasa entertainer dari luar kota (Madiun) harganya bisa jauh lebih mahal. Nanti sekalian saya akan kasih CD lagu-lagu request saya sekaligus liriknya supaya request saya benar-benar dilaksanakan. Repot yeeiy kalo pengen pernikahan yang keren ituuhh... :)))

-anna-

No comments: