From This Moment On

Daisypath Anniversary tickers

Wednesday, November 5, 2008

Movie Review - The Kite Runner


The Kite Runner adalah sebuah film adaptasi dari novel best seller karya Khaled Hoseini yang berjudul sama. The Kite Runner berlatar belakang Kota Kabul, Afghanistan, sebelum perang dan pendudukan oleh Rusia terjadi.

Amir diminta Rahim khan, sahabat lama ayahnya, sekaligus sahabat dekatnya, untuk pulang ke Afganistan, tanah kelahirannya, untuk melakukan sesuatu hal yang sangat penting. Ingatan Amir pun melayang kembali ke masa kecilnya yang indah sekaligus getir. Di masa itu, Amir hidup berdua dengan ayahnya, sepeninggal ibunya yang wafat saat melahirkannya. Amir memiliki teman kecil sebaya yang juga anak pelayannya, Hassan. Amir yang tampan, berhati halus, namun penakut, selalu dilindungi oleh Hassan. Hassan rela berkorban untuk melindungi Amir dari gangguan anak2 nakal.
Pada perlombaan layang-layang, Amir dan Hassan menjadi juaranya, dan Hassan berlari mengejar layang-layang putus itu dengan sebuah janji untuk membawakan layang-layang itu untuk Amir.
Namun sesuatu hal terjadi, dan segalanya berubah. Amir yang pengecut melarikan diri saat melihat Hassan disakiti oleh anak-anak nakal di sebuah gang, dan setelah itu Hassan dan ayahnya pergi dari rumah Amir. Perang meletus, dan Amir dibawa ayahnya mengungsi ke Amerika.

Setiba di Pakistan, Amir ternyata diminta Rahim Khan untuk menyelamatkan anak Hassan yang ditawan oleh tentara Taliban. Kenangan masa lalu pun berputar-putar dalam benak Amir, dan haruskah Amir melakukan hal itu untuk menebus kesalahan dan rasa bersalahnya pada Hassan di masa lalu??



Filmnya sangat mengharukan, sangat indah, dengan cerita yang dibumbui konflik suku, agama, dan perang. Kita akan belajar banyak dengan menontonnya. Disutradarai oleh Marc Foster (Finding Neverland). Novelnya sendiri menjadi best seller dan telah diterjemahkan ke 42 bahasa di seluruh dunia. So, no comment about the story, right?!?
Dan tahukah kamu, meski ceritanya di Afganistan, namun syuting dilakukan di China!!
So, this is a must see movie!

cheers,
-anna-

No comments: