From This Moment On

Daisypath Anniversary tickers

Thursday, November 13, 2008

susahnya cari makan(an)

Jika anda lewat jalan dharmawangsa di awal-awal bulan november ini, pingin beli bebek bondet atau sego sambel ho-ha yang terkenal itu, niscaya anda akan teheran-heran dengan suasana lengang yang tampak saat magrib menjelang. menurut seorang teman, katanya jalan dharmawangsa sekarang nggak boleh lagi dipake buat jualan. harus steril dari pkl. alhasil, kemarin malam waktu saya berangkat kuliah terbengong-bengong deh, karena ternyata ucapan teman saya itu terbukti benar (sebelumnya nggak merhatiin, hehhe).
Ouch.. susahnya sekarang cari makan. Bondet pindah ke mana? nasi Padang di depan itu? kalo sego sambel, pecel madiun, mpek2 dan ayam bakar yang super yummy itu sekarang jualan di mana dong? bahkan sampe lima tahun saya hidup di sekitar unair, belum pernah sekalipun saya nengkri2 di citra's, eeh.. sekarang udah digusur..
Saya mencermati, beberapa penjual pindah ke gang-gang di gubeng airlangga dan gubeng kertajaya. alhasil, mas-mas yang jualan di ho-ha sampe stay tune di pinggir jalan dharmawangsa buat menginformasikan lokasi anyar mereka ke calon pembeli yang kecele.

Sungguh menyedihkan. Pemerintah kota mungkin punya niat yang baik untuk menata kebersihan dan kerapian kota dengan tidak mengijinkan pkl berjualan di pinggir jalan protokol. Tapi, kadang pemkot bertindak seenaknya sendiri dengan hanya menggusur, tidak memberikan solusi yang bagus, dengan relokasi misalnya.. kalo begini, banyak juga yang rugi. selain pedagang, masyarakat pun jadi rugi dan susah cari makanan enak. Sampai kapan nggak boleh jualan di jalan dharmawangsa?? nggak tau deeh...
Saya agak was-was juga dengan pkl tempe penyet di jalan karang menjangan. Sebelumya, karena pembangunan pedestrian, depan rsu dr soetomo yang menghadap jalan moestopo steril pkl, sampe semingguan, saya cari-cari di deretan tempe penyet karmen, pindah ke mana langganan saya yang di depan fk itu yaa?? Setelah beberapa waktu lalu pasar karmen sempet diobrak sama satpol pp, mungkin, suatu saat tiba giliran para penjual tempe penyet yang dialarang jualan. kalo sudah gitu, makin susah dong cari makanan murah dan enak.. kalo sudah gini, apa benar pemerintah peduli kepentingan dan kebutuhan masyarakat??

cheers,
-anna-

No comments: