From This Moment On

Daisypath Anniversary tickers

Wednesday, January 20, 2010

Movie Review: Changeling



Casts: Angelina Jolie, John Malkovich, Jeffrey Donovan
Director: Clint Eastwood

Los Angeles, 10 Maret 1928. Diceritakan seorang perempuan single mother, Christine Collins ( Angelina Jolie), tinggal sendiri bersama anak semata wayangnya yang berusia 9 tahun, Walter. Christine bekerja sebagai supervisor di perusahaan komunikasi. Samua baik-baik saja, ketika esoknya Christine membatalkan janjinya kepada Walter untuk mengajaknya jalan-jalan karena harus tugas lembur. Saat pulang ke rumah, betapa lemasnya Christine karena Walter hilang dari rumah. Christine pun melaporkan hilangnya Walter kepada LAPD.

Lima bulan kemudian, Kapten J.J. Jones (Jeffrey Donovan) dari bagian anak hilang Kepolisian Los Angeles menghubungi Christine dan mengabarkan bahwa departemennya berhasil menemukan Walter Collins. Dengan bahagia, Christine menjemput anaknya yang hilang di stasiun. Namun, alangkah terkejutnya ia, ketika anak yang dikatakan sebagai Walter Collins oleh polisi ternyata bukan Walter. Dalam keterkejutannya, Christine dipaksa Kapten Jones untuk mengakui anak tersebut di hadapan wartawan.

Christine kemudian berusaha membuktikan kepada polisi bahwa anak itu bukanlah anaknya yang hilang. Dengan kesaksian dari guru sekolah sampai dokter gigi Walter, dengan harapan bahwa polisi akan kembali melakukan pencarian terhadap Walter. Namun, polisi menilai Christine mengganggu dan malah menjebloskannya ke rumah sakit jiwa dengan tuduhan berdelusi dan tidak mengakui anak kandungnya.

Mendapat perlakuan yang tidak semestinya dari LAPD, yang saat itu memang buruk reputasinya dan sangat tidak melindungi masyarakat, Christine sangat putus asa. Tapi untunglah dia mendapat bantuan dari Pendeta Gustav Briegleb (John Malkovich), tokoh masyarakat yang konsisten membongkar kebusukan polisi.




Sementara itu, jauh dari Los Angeles, sebuah ranch di perbatasan Kanada, Detektif Lester Ybarra (Michael Relly), menemukan fakta mencengangkan, tentang sebuah pembunuhan berantai keji yang dilakukan terhadap puluhan anak-anak, oleh si pemilik ranch, Gordon Northcott. Dan saksi pembunuhan tersebut, keponakan Gordon Northcott, menyatakan bahwa Walter Collins merupakan salah seorang korban penmbunuhan itu.

Bagaimana pejuangan Christine dalam mendapatkan kebenaran? This is such an emotional movie!!

My comments:

Saya bukan penggemar Angelina Jolie, juga bukan penggemar Clint Eastwood, walaupun saya tahu kapasitas Mr Eastwood sebagai actor dan juga sutradara handal yang kerap menjadi langganan nominasi Academy Awards. Setelah saya sewa, film ini lama saya simpan di computer saya sebelum sempat menonton.

Ceritanya berdasarkan kisah nyata, tentang perjuangan seorang ibu muda melawan kebobrokan hukum dan kepolisian, di tengah keputusasaan dan kesedihannya karena anak laki-lakinya hilang tak tahu di mana. Lewat Changeling, Angelina Jolie mendapat nominasi Best Actress dalam Academy Awards 2009. Memang pantas. Aktingnya bagus banget. Tapi selain acting Jolie yang te-o-pe, Changeling memang film drama yang bagus. Sangat menyentuh, so emotional. Alur ceritanya kuat, dan mengharukan.

Didukung oleh scoring yang bikin merinding, dan juga setting yang bagus. Yang bikin saya kagum, Hollywood selalu mampu menyajikan pemandangan dan suasana sesuai setting cerita. Di Changeling, tim artistiknya dengan sempurna menghadirkan Los Angeles tahun 1930-an, lengkap dengan trem dan juga fashionnya. Intinya, filmnya bagus dan saya rekomendasikan bagi anda yang belum menontonnya.

cheers,
-anna-

2 comments:

kutudrama said...

Bagus banget reviewnya. Untuk yang anti Angelina Jolie, aku tertarik buat nonton filmnya. Udah kebiasaan nulis, ya?

afrianakartika said...

hello unnie dee, thankyou buat kunjungannya ke blog ku yang nggak karuan ini, hahaa..
Nulis cuma sekedar hobi dan iseng-iseng aja sih :) baru mulai semangat nulis lagi nih, ntar aku mau nulis review K-drama juga aahh.. :) *tapi yang kecil-kecilan* ehehee
dan silahkan nonton Changeling, dijamin gak nyesel :)
kamsahamnida :)